Wednesday 21 August 2019

Sebuah Koin Berusia 125 Tahun Ini Dijual Seharga Rp18 Miliar



Sebuah Koin Berusia 125 Tahun Ini Dijual Seharga Rp18 Miliar

Sebuah Koin Berusia 125 Tahun Ini Dijual Seharga Rp18 Miliar


Buat beli seblak bisa kenyang setahun nih~

Seorang pebisnis asal Utah dikabarkan baru aja membeli sebuah koin seharga $1,32 juta atau sekitar Rp18 miliar. Doi membeli koin ini pada minggu lalu di sebuah pelelangan koin yang ada di Chicago.

Ternyata koin ini bukan cuma koin pecahan 10 sen biasa. Menurut Stack Bowers Galleries yang menjadi penyelenggara acara pelelangan, koin ini adalah koin buatan Barber Dime yang hanya dibuat sebanyak 24 keping pada tahun 1984.

Sebelumnya, koin ini pernah dimilikioleh Dell Loy Hansen yang juga memiliki Real Salt Lake MLS team. Hansen sendiri merupakan seorang koin kolektor profesional. Hansen juga sedang mengoleksi koin-koin yang mencakup setiap contoh koin yang pernah dibuat di US Mint dari tahun 1792.

View image on TwitterView image on TwitterView image on Twitter

Hal itu diungkapkan langsung oleh John Brush, seorang presiden dari David Lawrence Rare Coins yang juga membantu Hansen untuk mengumpulkan koleksinya. Brush juga berkata kalau Hansen hanya perlu enam koin lagi untuk melengkapi koleksi koinnya. Namun koin-koin itu ternyata nggak dibuka untuk penjualan.

Pelelang bisa mengetahui kalau koin ini berasal dari tahun 1894 buatan Barber Dime karena koin ini sendiri didesain oleh seorang pemahat bernama Charles E. Barber. Charles sendiri adalah seorang pemahat yang juga mendesai banyak koin-koin untuk US Mint.